Tuesday, February 05, 2008

Abdi Dalem Keraton

Abdi Dalem : bagi kebanyakan orang tentu tidak masuk akal.Apalagi jika melihat imbalan yang diterima dari Keraton Mangkunegaran yang hanya sepertigapuluh upah tukang batu. Kalau tukang batu per harinya dibayar Rp30.000 hingga Rp50.000, abdi dalem itu sebulan hanya digaji sebesar upah sehari tukang batu.Mereka tidak pernah mengeluh kekurangan pangan."Bisa mengabdi untuk Raja itu berkah. Saya tidak punya sawah atau pekerjaan lain, tetapi saya tidak merasa pernah kekurangan, rezeki saya datang sendiri karena dengan prinsip hidup "semeleh" (pasrah), saya selalu merasa apa yang diterima selalu cukup untuk menghidupi diri dan keluarga saya" katanya ketika ditemui di Keraton Jogjakarta, Sabtu (2/2)@Photo by Fachry Latief

No comments:

Post a Comment